KELAS X

1. KIMIA 

Guru :

Orientasi

v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia dengan cara :

v Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

v Mengamati

Ø Lembar kerja materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.

Ø Pemberian contoh-contoh materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

v Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.

v Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.

v Mendengar

Pemberian materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia oleh guru.

v Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data

collection

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

v Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sedang dipelajari.

v Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sedang dipelajari.

v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

v Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.

v Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

v Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia sesuai dengan pemahamannya.

v Saling tukar informasi tentang materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data

processing

(pengolahan

Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v Berdiskusi tentang data dari Materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

v Mengolah informasi dari materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.

Verification

(pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization

(menarik

kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

v Bertanya atas presentasi tentang materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia

v Menjawab pertanyaan tentang materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang akan selesai dipelajari

v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

2. PKN

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topikmateri Sistem Pembagian Kekuasaan Negara dengan cara :

·         Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”

  • Mengamati

Ø  lembar kerja materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

Ø  pemberian contoh-contoh materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarauntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

  • Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

membaca materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaradari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan

  • Mendengar

pemberian materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaraoleh guru

·         Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

·         Mengajukan pertanyaan tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :

Ø  Apa yang dimaksud dengan Sistem Pembagian Kekuasaan Negara?

Ø  Terdiri dari apakah Sistem Pembagian Kekuasaan Negara  tersebut?

Ø  Seperti apakah Sistem Pembagian Kekuasaan Negara tersebut?

Ø  Bagaimana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara itu bekerja?

Ø  Apa fungsi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara?

Ø  Bagaimanakah materiSistem Pembagian Kekuasaan Negara itu berperan dalam kehidupan sehari-haridan karir masa depan peserta didik?

 

Data

collection

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

  • Mengamati obyek/kejadian,

mengamati dengan seksama materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya

  • Membaca sumber lain selain buku teks,

mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sedang dipelajari

  • Aktivitas

menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara yang sedang dipelajari

  • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

  • Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

  • Mengumpulkan informasi

mencatat semua informasi tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

  • Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara sesuai dengan pemahamannya

  • Saling tukar informasi tentang  materiSistem Pembagian Kekuasaan Negaradengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

Data

processing

(pengolahan

Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

  • Berdiskusi tentang data dari materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasidari materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

 

Verification

(pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :Sistem Pembagian Kekuasaan Negara, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

 

Generalizatio

(menarik

kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

·         Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaraberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

·         Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaradan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

·         Bertanya atas presentasi tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

·         Menjawab pertanyaan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

·         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang akan selesai dipelajari

·         Menyelesaikan  uji kompetensi untuk materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

 

60

menit

Catatan :

Selama pembelajaran Sistem Pembagian Kekuasaan Negara berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Sistem Pembagian Kekuasaan Negara yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaranSistem Pembagian Kekuasaan Negara.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerjadengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerjapada materi pelajaran Sistem Pembagian Kekuasaan Negara
  • Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Sistem Pembagian Kekuasaan Negarakepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

 

15

menit

 

Pertemuan Ke-2  ( 2 x 45 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Sistem Pembagian Kekuasaan Negara
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materiKedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

 

15

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI:

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi  Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dengan cara :

·         Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”

  • Mengamati

Ø  lembar kerja materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

Ø  pemberian contoh-contoh materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

  • Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

membaca materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan

  • Mendengar

pemberian materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian oleh guru

·         Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai materi  Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

·         Mengajukan pertanyaan tentang materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :

Ø  Apa yang dimaksud dengan Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian?

Ø  Terdiri dari apakah Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian  tersebut?

Ø  Seperti apakah Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian tersebut?

Ø  Bagaimana Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian itu bekerja?

Ø  Apa fungsi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian?

Ø  Bagaimanakah materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

 

Data

collection

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

  • Mengamati obyek/kejadian,

mengamati dengan seksama materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya

  • Membaca sumber lain selain buku teks,

mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang sedang dipelajari

  • Aktivitas

menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang sedang dipelajari

  • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

  • Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

  • Mengumpulkan informasi

mencatat semua informasi tentang materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

  • Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi  Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian sesuai dengan pemahamannya

  • Saling tukar informasi tentang  materi  Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

Data

processing

(pengolahan

Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

  • Berdiskusi tentang data  dari materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi dari materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

 

Verification

(pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

 

Generalizatio

(menarik

kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

·         Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

·         Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

·         Bertanya atas presentasi tentang materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

·         Menjawab pertanyaan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

·         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang akan selesai dipelajari

·         Menyelesaikan  uji kompetensi untuk materi  Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

 

60

menit

Catatan :

Selama pembelajaran Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
  • Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

 

15

menit

 

Pertemuan Ke-3  ( 2 x 45 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materiNilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

 

15

menit

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI:

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi  Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan dengan cara :

·         Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”

  • Mengamati

Ø  lembar kerja materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

Ø  pemberian contoh-contoh materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

  • Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

membaca materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan

  • Mendengar

pemberian materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan oleh guru

·         Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai materi  Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

·         Mengajukan pertanyaan tentang materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :

Ø  Apa yang dimaksud dengan Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan?

Ø  Terdiri dari apakah Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan  tersebut?

Ø  Seperti apakah Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan tersebut?

Ø  Bagaimana Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan itu bekerja?

Ø  Apa fungsi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan?

Ø  Bagaimanakah materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

 

Data

collection

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

  • Mengamati obyek/kejadian,

mengamati dengan seksama materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya

  • Membaca sumber lain selain buku teks,

mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang sedang dipelajari

  • Aktivitas

menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang sedang dipelajari

  • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

  • Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

  • Mengumpulkan informasi

mencatat semua informasi tentang materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

  • Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi  Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan pemahamannya

  • Saling tukar informasi tentang  materi  Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

Data

processing

(pengolahan

Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

  • Berdiskusi tentang data  dari materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi dari materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

 

Verification

(pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

 

Generalizatio

(menarik

kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

·         Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

·         Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

·         Bertanya atas presentasi tentang materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

·         Menjawab pertanyaan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

·         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang akan selesai dipelajari

·         Menyelesaikan  uji kompetensi untuk materi  Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

 

60

menit

Catatan :

Selama pembelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan
  • Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

 

15

menit

3. SKI

4. TBTQ

ALBUM